Artikel, Kursi Tamu

4 Trik Mengetahui Furniture Jati Jepara Asli

Furniture Jati Jepara Asli

Inilah 4 Trik Mengetahui Furniture Jati Jepara Asli

Sekarang ini ada banyak sekali produk furniture jati jepara asli maupun jati jepara tiruan. Tentu bagi anda yang ingin mencari mebel dengan jepara asli pun harus berhati – hati. Sebab jika tidak mengetahui perbedaannya maka fatal sekali.

Tentu kalau perlu diketahui, jati jepara ini memiliki kualitas yang diatas rata – rata. Berbeda dengan bahan lainnya yang terkenal dengan mudah rapuh. Oleh karena itu, agar tidak salah maka bisa memahami trik di bawah ini:

Dilihat Dari Serat Kayu

Untuk menentukan sebagus apa kualitas dari produk mebel jati jepara asli bisa dilihat dari serat kayu. Sebab semakin tua serat kayu Mebel Furniture Jati Jepara tentu semakin kuat saja kualitas dari produk mebelnya.

Dalam hal ini bisa terjadi dikarenakan stabilnya penampang papan sehingga hal ini bisa meminimalisir keretakan yang terjadi. Atau bahkan serat kayu tidak akan mungkin mengalami lengkungan yang terjadi pada mebelnya.

Memiliki Umur Yang Tua

Cara membedakan antara kayu jati berumur tua dengan kayu jati berumur mudah bisa dilihat dari seratnya. Biasanya semakin rapat serat dimiliki oleh mebel maka bisa dipastikan kalau produk itu merupakan kayu jati jepara yang sudah tua.

Jika ingin melihat dari bagian potongan kayu atas maka akan terlihat seperti kambium. Kambium inilah yang akan memiliki bentuk seperti cincin – cincin. Tetapi berbeda jika dilihat dari samping akan seperti kambium atau serat yang padat.

Dibuat Dari Kayu Jati Kering

Pada dasarnya dalam membuat kayu jati pun dibuat dengan menggunakan kayu jati yang sudah kering. Sebab kalau menggunakan bahan kayu jati yang masih basah maka hal ini akan membuat kayu menjadi cepat rusak.

Sehingga disarankan jika ingin membuat kayu menjadi mebel bisa langsung menggunakan kayu jati kering saja. Sebab kayu jati kering akan memberikan hasil yang lebih bagus, kokoh, kuat dan tahan lama jika dibandingkan yang basah.

Dilihat Dari Lebar Sambungan Papan

Setiap mebel yang kuat tentu memiliki penampang papan yang stabil, Hal inilah yang menjadi salah satu hal pembeda furniture jati jepara asli dengan jepara palsu. Biasanya untuk mengetahui ukuran sambungan papan bisa menggunakan 3 tingkat acuan ini.

Tingkat c ini merupakan tingkat yang standar dan memiliki lebar sekitar 15 cm saja. Sedangkan tingkat b ini memiliki papan yang lebih bagus dan memiliki lebar sekitar 20 cm. Terakhir ada tingkat a yang lebih bagus dan memiliki kualitas terbaik dengan minimal lebar sekitar 25 cm.

Itulah beberapa trik yang bisa anda coba jika ingin membedakan antara jati jepara asli dengan yang palsu. Pastikan sebelum membeli produk mebel dari jati jepara, tentu anda bisa melakukan hal di atas terlebih dahulu. Bagaimana? Sudah paham?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *