Meja Trembesi

Mengenal Kayu Trembesi, Pengganti Jati Yang Pas Untuk Furniture

meja kayu trembesi kaki besi

Kayu jati dikenal sebagai bahan baku furniture yang kokoh, awet, dan tahan terhadap serangan rayap. Meski demikian, tingkat produksinya yang tidak sebanding dengan besarnya permintaan membuat banyak perajin furniture beralih menggunakan jenis kayu lain sebagai material alternatif.

Salah satu jenis kayu yang dimaksud adalah trembesi. Meskipun tidak sekokoh kayu jati, kayu trembesi masih termasuk kayu golongan berat, sehingga masih layak dijadikan berbagai macam furniture. Beberapa jenis furniture yang dibuat dari bahan dasar trembesi diantaranya kursi santai, lemari dua pintu, serta meja kayu trembesi kaki besi.

Mengapa kayu trembesi layak dijadikan alternatif bahan baku furniture? Berikut merupakan uraian tentang kayu trembesi dan karakteristiknya.

Mengenal Kayu Trembesi

Trembesi, atau yang secara internasional dikenal dengan nama monkey pod tree, merupakan kayu yang dihasilkan dari genus pohon Albizia. Pohon ini banyak ditemukan di wilayah Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, hingga Nusa Tenggara.

Tidak seperti pohon jati, trembesi dapat tumbuh tinggi dalam waktu yang relatif singkat, sehingga menjadikannya salah satu kayu produksi yang cukup digemari.

Selain itu, pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian empat meter. Tentunya hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi perajin kayu, sebab akan memudahkan mereka dalam membuat berbagai kerajinan berukuran panjang seperti meja kayu trembesi kaki besi.

Adapun karakteristik kayu trembesi sendiri yaitu memiliki warna coklat gelap dengan garis hitam pada bagian tengah, serta putih gading pada pinggirannya. Perpaduan warna yang elegan ini dapat memberi kesan hangat pada sebuah ruangan.

Rata-rata berat kayu trembesi adalah 0,6 kilogram per meter kubik, sehingga kayu ini juga sudah tergolong sebagai kayu kelas berat. Kendati demikian, tingkat kekuatan kayu ini berada pada kelas III atau dibawah kayu jati, sehingga trembesi lebih cocok dijadikan sebagai furniture pelengkap rumah ketimbang rangka atap maupun rangka bangunan.

Selain itu, trembesi juga rentan terhadap serangan rayap, dan seringkali retak bila terlalu lama dibiarkan di atas terik matahari. Karenanya, furniture trembesi sebaiknya digunakan di dalam ruangan serta dilapisi anti rayap sebelum digunakan.

Meja Trembesi Jepara

Kabupaten Jepara dikenal sebagai penghasil kerajinan kayu trembesi berkualitas tinggi. Hal ini tidak lepas dari peran Perhutani yang memiliki lahan trembesi di kabupaten tersebut.

Salah satu kerajinan unggulan dari Jepara yang laris manis dipasaran adalah meja kayu trembesi kaki besi. Meja jenis ini memadukan kayu trembesi sebagai papan utama meja dengan penopang berupa beberapa batang besi hollow yang disambung. Bentuk papan bisa berupa persegi panjang, lingkaran, ataupun kotak segi empat, sangat cocok sebagai penopang vas bunga maupun meja makan.

Cukup mudah untuk mendapatkan meja jenis ini di pasaran. Terlebih dengan kemajuan teknologi saat ini, anda bisa memilih furniture trembesi lewat berbagai toko online furniture Jepara terpercaya yang ada di internet.

Demikian tadi sekilas tentang kayu trembesi dan kegunaannya sebagai furniture ruangan. Semoga anda dapat memilih furniture yang terbaik bagi anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *